Inilah Langkah Mudah Memasang Movable Partition (Partisi Geser) Sendiri

Langkah Mudah Memasang Movable Partition

Partisi adalah sebuah penyekat yang berguna untuk memisahkan antara dua ruangan yang berbeda fungsi. Biasanya, partisi digunakan pada ruangan yang direncanakan untuk dibagi menjadi dua atau lebih seperti pada flat, studio, dan lain-lain.

Model partisi sangat bermacam-macam. Salah satunya adalah movable partition atau partisi geser. Partisi geser ini adalah penyekat yang bisa dibuka dan ditutup dengan arah vertikal artinya ke kanan dan ke kiri. Biasanya, partisi jenis ini digunakan di ruang kelas, convention hall, restoran, dan lain-lain. Memang, partisi geser ini banyak diminati oleh orang karena dianggap praktis.

Anda bisa memilih jenis partisi geser dengan melihat jenis bahan baku yang digunakan. Ada partisi geser yang terbuat dari kaca, kayu, besi, dan lain-lain. Selain dari jenis bahan baku, Anda harus mempertimbangkan harga juga. Biasanya, paling minimal harga pembelian partisi mencapai satu juta setengah ke atas. Belum lagi membayar jasa pemasangannya akan menambah anggaran juga.

Nah, supaya tidak menambah biaya, ada baiknya bila Anda memasang sendiri partisi geser yang sudah Anda beli. Dengan memanfaatkan kedua tangan Anda, partisi geser di rumah dapat diwujudkan tanpa bantuan tukang.

Pemasangan partisi geser juga tidak membutuhkan keahlian khusus apapun. Semua bisa melakukannya selama ada kemauan untuk belajar. Berikut ini, kami akan membagikan kepada Anda langkah-langkah memasang partisi geser secara mandiri tanpa harus memanggil jasa pemasangan.

Langkah-langkah Memasang Partisi Geser Sendiri

Langkah Mudah Memasang Movable Partition

Sebelum memulai, pastikan Anda menyiapkan peralatan perkakas berikut ini :

  • Obeng
  • Meteran
  • Tatah
  • Siku
  • Alat bor
  • Serutan kayu
  • Palu

Nah, selanjutnya, siapkan partisi geser yang sudah Anda beli. Biasanya, satu set partisi sudah terdiri atas rel sliding, braket, dan stopper.

Setelah semuanya siap, ikutilah langkah-langkah berikut ini :

1. Ratakan dahulu setiap sisi partisi.

Hal ini ditujukan agar setiap sisi terlihat rapi dan cocok dipasang. Gunakanlah mesin penyerut untuk melakukan ini.

2. Pasangkan dua roda di bagian atas partisi.

Supaya baut lebih mudah masuk dan terpasang, gunakanlah alat bor.

3. Pasang slot dan gagang.

Anda bisa membuat lubang pada partisi sesuai ukuran slot dan gagang yang akan dipasang.

4. Kemudian, pasanglah rel pada pintu partisi.

Sebelum memasang rel, Anda harus menyesuaikan ukuran rel dengan ukuran partisi yang Anda punya. Biasanya kalau sudah satu set, pasti pas. Oh, ya, jangan lupakan braket yang menghubungkan dinding dengan rel.

5. Setelah pemasangan rel selesai, letakkan partisi ke rel.

Jangan lupa pengunci pintu partisi geser supaya tidak mudah lepas saat tergeser.

6. Pasangkan penahan di bawah pintu.

Untuk melakukannya, gunakanlah alat bor. Perlu diingat, mata bor yang digunakan harus mata bor khusus untuk bahan beton.

7. Setelah partisi siap, cobalah untuk menguji partisi terlebih dahulu.

Cara mengujinya sederhana. Anda cukup mencoba menggeser partisi ke kanan dan ke kiri berkali-kali sampai Anda memastikan bahwa partisi sudah terpasang dengan sempurna.

Langkah Mudah Memasang Movable Partition

Nah, pemasangan movable partition tidak sesulit itu, kan? Asalkan Anda mau belajar dan mencoba, kedua tangan Anda sudah cukup untuk mewujudkan partisi geser yang indah di rumah, toko, ruang rapat, atau restoran Anda tanpa harus memanggil bantuan dari jasa pemasangan.

Demikian langkah-langkah memasang partisi geser Anda secara mandiri tanpa bantuan tukang. Cobalah untuk mempraktikkannya di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply