Kenali 3 Ciri Kanopi Kaca Berkualitas Sebelum Membeli!

Ciri Kanopi Kaca Berkualitas

Material glass atau kaca adalah material populer yang pasti ditemukan dalam sebuah konstruksi bangunan. Tidak hanya sebatas material dasar jendela, namun kini kaca sengaja digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Misalnya dinding, partisi dan skylight. Belakangan penggunaan kaca juga mulai diminati sebagai pengganti bahan kanopi. Di samping fungsi kaca yang dapat melindungi teras dan halaman dari perubahan cuaca seperti hujan, salju dan tak terkecuali sinar matahari. Penggunaan kanopi berbahan kaca memberikan nilai lebih dalam hal desain dan dekorasi. Kanopi kaca mampu memberikan style yang modern serta elegan pada setiap desain rumah.

Ini 3 Ciri Kanopi Berbahan Kaca Dengan Kualitas Tinggi!

Ciri Kanopi Kaca Berkualitas

Bisa dibilang kanopi berbahan kaca relatif lebih mahal dibandingkan kanopi berbahan kayu triplek, seng atau alpaca. Namun dengan keunggulan yang dimilikinya, kanopi berbahan kaca masih tetap menjadi material favorit dan digandrungi banyak peminat. Mulai dari perkantoran, kafe, mall sampai rumah tinggal. Bahan kaca dengan sifatnya yang meneruskan cahaya sangat cocok untuk memberikan kesan luas yang natural. Dipadukan dengan sejumlah tanaman, tentu teras, balkon atau pun halaman belakang menjadi terlihat elegan dan asri di saat yang bersamaan.

Namun harus kamu ketahui bahwa material kaca untuk dibuat kanopi memiliki grade. Sebab kanopi akan diletakkan di bagian atas tentunya material kaca harus memenuhi sejumlah syarat untuk dapat dijadikan kanopi kaca yang berkualitas. Cara mengetahui kaca berkualitas untuk kanopi bisa kamu kenali dari ciri-ciri yang akan kami ulas berikut ini. Yuk simak ulasannya!

1. Ketahanan Terhadap Getaran

Ciri Kanopi Kaca Berkualitas

Baik kaca untuk kanopi yang diletakkan sebagai substansi atap, dinding atau bahkan jendela sekali pun, kaca haruslah memiliki sifat resistansi yang tinggi terhadap getaran. Sifat ini tidak hanya dipenuhi bagi bangunan yang dekat dengan sumber getaran seperti rel kereta atau pun daerah pengeboran. Sebab hampir setiap waktu pun getaran secara alami terjadi dari dalam tanah meski hanya dalam skala yang kecil. Dengan sifat resistansi terhadap getaran yang baik, tentunya kaca tidak akan mudah retak apalagi pecah. Bayangkan saja, apa jadinya bila kanopi kaca mudah pecah. Tentunya akan membuat situasi menjadi tidak nyaman dan was-was setiap kali berada di bawahnya. Dalam hal ini kamu bisa mengetahui kualitas kanopi berbahan kaca yang baik dari struktur kaca itu sendiri. Bila strukturnya padat dan rapi artinya kamu bisa menggunakan kaca ini sebagai kanopi. Sebaliknya, jika kamu mendapati cacat struktur seperti adanya rongga udara pada kaca, maka sebaiknya kamu memilih kaca yang lain.

2. Ketahanan Suhu Dan Kelembaban

Ciri Kanopi Kaca Berkualitas

Di samping memiliki ketahanan yang baik terhadap getaran, kaca yang hendak dijadikan material kanopi juga harus tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Mengingat nantinya kanopi akan bersentuhan langsung dengan unsur fisik seperti air hujan, kelembaban udara dan panas cahaya matahari. Tidak hanya dinilai dari seberapa tebalnya kaca, sifat ini tidak bisa dilihat secara langsung melainkan harus melalui pengujian sewaktu kaca dibuat. Materialnya akan bertahan sampai suhu berapa derajat celcius. Meski suhu di luar tidak sampai ribuan derajat celcius, pemakaian jangka panjang yang terkena paparan sinar matahari secara langsung juga akan mempengaruhi daya tahan kaca.

3. Material Rangka Kanopi

Ciri Kanopi Kaca Berkualitas

Di samping membicarakan kaca sebagai material utama, material rangka adalah hal yang tidak kalah penting untuk dibahas. Baik kayu, aluminium maupun rangka baja sebaiknya dilengkapi dengan area pemuaian. Hal ini turut mempengaruhi kualitas kanopi kaca apakah akan memiliki umur panjang atau malah cepat rusak. Perubahan suhu pada siang dan malam hari akan menyebabkan penyusutan dan pemuaian pada kaca. Sebaiknya, material apapun yang digunakan sebagai rangka harus bisa mendukung penyusutan dengan pemuaian kaca agar kaca tidak pecah.

 

Leave a Reply