Cara Menjaga Pintu Kaca Agar Tetap Cantik

Cara Menjaga Pintu Kaca Tetap Cantik

Saat ini pintu kaca menjadi salah satu tren interior baru. Jenis pintu ini memang menghadirkan nuansa yang berbeda dalam ruangan. Namun, memutuskan menggunakan pintu jenis ini bukan tanpa konsekuensi. Pintu ini harus dirawat dengan baik agar tetap terjaga kondisinya.

Berbicara tentang cara merawat pintu dari kaca, ada 5 cara yang dapat digunakan untuk merawat pintu jenis ini dengan baik. Selengkapnya tentang ke-5 cara tersebut akan dibahas di sini.

5 Cara Merawat Pintu Kaca

Merawat pintu dari kaca memang gampang-gampang susah. Perawatan yang tepat diperlukan agar pintu tetap dalam kondisi terbaik. Lalu bagaimana cara tepat merawat pintu ini? Inulah cara lengkapnya.

1. Bersihkan Secara Rutin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga agar pintu kaca tetap dalam kondisi cantik adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin. Pembersihan ini akan membantu agar pintu tetap terlihat cantik dan tidak menjadi kusam (buram).

Namun, tentu pemilik pintu jenis ini tidak boleh asal menggunakan bahan untuk melakukan pembersihan. Pilih bahan yang terbaik dan dipastikan dapat membantu mengangkat kotoran serta noda yang ada pada kaca atau dibagian pintu lainnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan membersihkan menggunakan larutan tembakau. Jadi peratama rendam tembakau ke dalam air. Takaran yang dapat digunakan adalah 2 ons tembaau untuk 200 ml air. Rendam selama kurang lebih 30 menit.

Larutan dari rendaman itulah yang nantinya digunakan untuk membersihkan kaca. Ini ampuh untuk mengatasi kaca yang buram agar kembali bersih lagi.

2. Buka dan Tutup Secara Hati-hati

Untuk dapat menjaga kondisi pintu, pastikan juga jika saat membuka dan menutup pintu dilakukan dengan hati-hati. Ini untuk menghindari pintu menjadi rusak atau bahkan pecah. Jangan lupa pastikan semua anggota keluarga memahami peraturan ini ya.

Ini tidak hanya berlaku bagi pintu dibuka dan ditutup dengan digeser. Justru pintu jenis ini harus lebih hati-hati lagi saat membuka dan menutup pintu agar kondisi railling tetap terjaga.

3. Jauhkan Dari Benda-benda yang Berbahaya

Selanjutnya hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar pintu tetap dalam kondisi baik adalah dengan memastikan jika benda-benda yang berbahaya bagi kaca dijauhkan dari pintu. Ini untuk memastikan agar benda-benda tersebut tidak justru membuat pintu rusak.

Di sisi lain jika ingin menggunakan ganjal pintu sebaiknya pilih ganjal pintu yang tidak berpotensi menggores maupun membuat pintu menjadi rusak bahkan pecah. Pemilihan ganjal pintu ini juga harus disesuaikan dengan jenis kaca yang ada pada pintu. Jadi sebaiknya kenali dulu jenis kaca agar tidak salah memilih ganjal pintu.

4. Perhatikan Railling Pada Pintu Geser

Tadi sempat disinggung terkait dengan pintu geser. Nah, masalah railling dalam pintu geser juga harus diperhatikan. Tidak hanya masalah saat membuka atau menutup pintu saja, melainkan juga terkait perawatan pada railling.

Pastikan jika railling tetap terjaga kondisinya. Bersihkan railling secara berkala dan segera perbaiki ketika railling rusak. Jangan sampai kaca menjadi ikut rusak karena railling yang susah dibuka.

5. Cegah Karat Muncul

Selanjutnya ada tips khusus untuk pintu kaca yang terbuat dari aluminium. Untuk perawatan pintu kaca aluminium salah satu hal yang harus diwaspadai adalah perihal karat. Munculnya karat ini tidak hanya akan mengganggu keindahan kaca namun juga jika dibiarkan akan membuat pintu rusak.

Memang aluminium memiliki ketahanan karat yang tinggi, namun dalam kondisi tertentu almunium dapat terkena karat. Untuk itu sebaiknya cegah karat muncul salah satunya dengan melakukan pengecatan pada bagian aluminium di pintu aluminium kaca. Selain itu dapat juga dengan memberi lapisan plastik.

Cara-cara tersebut menjadi cara yang ampuh untuk menjaga agar pintu kaca senantiasa tetap bersih dan cantik. Jangan lupa lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.

Leave a Reply