Alasan Partisi Kaca Selalu Dipasang di Coworking Space

Partisi kaca adalah pembatas ruangan yang terbuat dari bahan kaca. Berbeda dengan pembatas ruangan lainnya, partisi berbahan kaca terlihat transparan dan seolah tidak ada pembatas antara dua ruangan.

Partisi Kaca

Justru partisi jenis inilah yang banyak dipakai oleh pemilik coworking space untuk menjadi sekat antar ruang kerja berbagai komunitas atau perusahaan rintisan. Bila kamu sering berkunjung ke coworking space, mungkin kamu akan bertanya mengapa selalu ada partisi berbahan kaca. Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan di bawah ini!

4 Alasan Coworking Space Selalu Gunakan Partisi Berbahan Kaca

Pada dasarnya, coworking space adalah tempat kerja kolektif yang dipakai oleh banyak komunitas, organisasi, perusahaan rintisan, dan lain sebagainya. Tempat kerja yang unik ini merupakan solusi bagi mereka yang belum mampu membeli atau menyewa gedung perkantoran. Karena dipakai oleh banyak orang dari berbagai kelompok, konsep coworking space berbeda dengan kantor pada umumnya. Kalau diperhatikan, hampir di semua tempat seperti itu selalu ada partisi kaca. Mengapa? Ternyata, inilah 4 alasan partisi berbahan kaca selalu ada di coworking space.

1. Setiap Kelompok Butuh Ruangan

Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah coworking space digunakan oleh banyak orang dari berbagai kelompok yang berbeda. Meskipun di dalam tempat kerja ini relatif lebih terbuka daripada kantor pada umumnya, tetap saja namanya kelompok membutuhkan ruangannya sendiri. Nah, untuk membagi ruangan besar menjadi beberapa ruangan yang dapat dipakai oleh setiap kelompok, digunakanlah partisi berbahan kaca. Ini merujuk pada fungsi utama partisi itu sendiri, yaitu sebagai pemisah atau pembagi ruangan.

2. Menjaga Nilai Kebersamaan

Partisi Berbahan Kaca

Semua coworking space mengedepankan nilai kebersamaan dalam hal berbagi tempat kerja. Partisi untuk membagi ruangan memang harus ada. Tapi, jangan sampai partisi itu justru membuat kebersamaan di antara berbagai komunitas yang bekerja di coworking space menjadi pudar. Makanya, pemilik coworking space menggunakan partisi berbahan kaca yang transparan agar kebersamaan itu tetap terjaga. Meskipun masing-masing sibuk kerja, tapi orang lain masih bisa “mengintip” orang yang ada di dalam ruangan tertentu.

3. Cocok dengan Budaya Inklusif Anak Muda

Harus diakui bahwa pengguna coworking space sebagian besar adalah anak-anak muda. Biasanya, anak muda itu tidak mau berada di ruangan yang terlalu tertutup atau eksklusif. Mereka lebih nyaman dengan konsep ruangan inklusif di mana mereka dapat berdiskusi dengan banyak orang meskipun berbeda divisi atau bahkan komunitas. Partisi berbahan kaca yang transparan itu dapat mewakili inklusivitas coworking space. Mereka tetap bisa saling berinteraksi sekalipun dipisah oleh pembatas ruangan. Tentu saja konsep seperti ini tidak akan didapatkan di ruangan yang menggunakan partisi lainnya yang full tertutup.

4. Menyajikan Nuansa Elegan

Salah satu keunggulan partisi berbahan kaca adalah dapat menciptakan nuansa elegan pada ruangan. Coba deh bayangkan ada dua ruangan berbeda, yang satu menggunakan partisi berbahan kaca, dan yang lainnya menggunakan partisi berbahan kayu yang tertutup. Kamu pasti setuju kalau ruangan yang memakai partisi berbahan kaca terkesan lebih elegan daripada ruangan lainnya. Nah, kesan elegan inilah yang ingin dicipkan oleh pemilik coworking space. Sekalipun tempat kerjanya tidak eksklusif layaknya perkantoran yang mahal, tapi penggunanya tetap bisa mendapatkan kesan elegan saat bekerja di sana.

Itulah 4 hal yang menjadi alasan mengapa coworking space selalu menggunakan partisi berbahan kaca. Jadi, jangan heran lagi kalau kamu berkunjung ke berbagai coworking space dan selalu menemukan ada partisi berbahan kaca di sana.

Leave a Reply